Haflah Akhirussanah MTs. Salafiyah Kajen Mutakharijjin dan Mutakharijat 2023-2024, Berlatih Menjadi Pribadi yang Bermanfaat

Bertempat di hallroom Hotel New Merdeka Pati (19/5) pagi sejumlah 440 anak didampingi oleh para wali santrinya menghadiri Haflah Akhirussanah MTs. Salafiyah Kajen, Pati, sebagai rangkaian acara penutup program pembelajaran tahun 2023-2024. Acara tersebut dihadiri oleh para duriyah beserta pengurus Yayasan Salafiyah Kajen dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati. Pihak Kemenag Pati merasa sangat kagum dan memberikan apresiasi yang sebaik-baiknya atas capaian lembaga MTs. Salafiyah Kajen.

Dibuka dengan bacaan tahlil bersama, acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan kalung wisuda oleh Bapak Kepala Madrasah, K.H. Ahmad Ruman Masyfu’, S.H., M.Si. ke semua siswa-siswi kelas 9 Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Kajen. Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan ke para murid berprestasi yaitu Kategori Lulusan Terbaik Program Unggulan Tahfidz dengan Capaian Hafal (Khatam) 30 Juz oleh Aqila Khatim Muafa. Kategori Lulusan Terbaik Program Unggulan Kitab dengan Capaian Khatam Kitab Taqrib oleh Alifia Nailun Najah, dan Kategori Lulusan Terbaik Program Reguler dengan Nilai Ujian Assesmen Madrasah berjumlah total 1935, rata-tata angka (92,14) oleh Sabrina Najlatul Rohmah. Hal ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para murid supaya dapat terus mempertahankan prestasi yang telah diraihnya.

Kepala Kantor Kemenag Pati, Ahmad Syaiku, M.Pd. dalam pidato sambutannya menyatakan ada 3 faktor penting kenapa perlu memilih MTs. Salafiyah Kajen sebagai tempat bersekolah, “Salah satu alasannya, kami melihat utamanya dalam hal pendidikan agama yang ada di MTs. Salafiyah Kajen ini berjalan sangat baik. Ini menjadi pertimbangan penting yang kami nilai,” ucap Bapak Syaiku membeberkan alasan kenapa wali murid perlu menyekolahkan anaknya di madrasah.

Beliau juga menyampaikan bahwa secara pribadi cukup terkejut dengan perkembangan yang terjadi di lingkungan Salafiyah. “Saya benar-benar terpana, ternyata Salafiyah Kajen ini peningkatannya luar biasa. Jenjang Tsanawiyah utamanya sudah tidak bisa ditawar lagi, harus membuat MTs. Salafiyah Kajen 2,” kata Bapak Syaiku.

Selain itu, keyakinan untuk menatap masa depan dengan hadirnya MTs. Salafiyah Kajen 2 secara optimis disampaikan juga oleh Ketua Yayasan Salafiyah Kajen, Bapak K.H. Ubaidillah Wahab, S.H., M.Si. “Salafiyah, khususnya MTs. sampai harus berpikir membuat MTs. Salafiyah Kajen 2 karena adanya regulasi pemerintah merupakan hal yang luar biasa dan kami yakin kami dapat melakukannya dengan baik. Anfa’uhum li-nnas di dunia pendidikan,” ujar Bapak Ubaidillah menginformasikan kondisi di lingkungan madrasah.

Terkait dengan diharapkannya lulusan MTs. Salafiyah Kajen kelak dapat menjadi pribadi yang bermanfaat di tengah-tengah masyarakat, secara senada diwanti-wanti oleh Bapak Kepala Madrasah K.H. Ahmad Ruman Masyfu’, S.H., M.Si. “Kadang-kadang kita harus memberikan anak-anak sesuatu yang kelak tidak membuat mereka kaget. Utamanya nanti ketika sudah bermasyarakat, bekal itu cukup penting,” kata Beliau.

Bapak Kepala Madrasah juga menambahkan pentingnya melengkapi sarana dan prasarana yang ada. Belajar dari pengalaman beliau melihat kondisi di sekitar dengan adanya viralitas beberapa lembaga pendidikan yang aktif mengikuti perkembangan zaman. “Sekarang bahkan ada yang studi rihlah berangkat naik pesawat, pulang naik kereta,” ujar Bapak Masyfu’ dan beliau juga berharap di lingkungan Salafiyah ada sarana pembelajaran yang ramah lingkungan agar anak-anak dapat lebih bersantai dan menjernihkan pikiran.

Tidak lupa, Bapak Masyfu’ mengingatkan dan berpesan ke para Wali Santri agar bekal hafalan alquran program reguler, selama ini yang telah ada meski tidak seberapa, tetap dijaga agar bermanfaat di kemudian hari. Beliau berharap agar anak-anak kelak, benar-benar dapat menjadi pribadi yang bermanfaat utamanya di masyarakat kelak. Apabila target impian setelah bersekolah di MTs. Salafiyah Kajen tercapai maka harus digunakan dengan baik. Namun andai belum tercapai maka bersabar dan bertahan untuk terus berusaha belajar. Haflah Akhirussanah MTs. Salafiyah Kajen Mutakharijjin dan Mutakharijat 2023-2024 di Hotel New Merdeka sendiri merupakan kali kedua dilaksanakan dengan menyewa hallroom hotel di wilayah Kabupaten Pati.


(Red./MTs./SLF)